24 May 2012

Tips Cara Reset Password di Ubuntu/Lupa Password Root


Kita mungkin pernah lupa password, karena ada banyak password yang kita ingat. Dan mungkin yang lupa tsb user OS Ubuntu. Untuk hal ini mungkin sedikit cara berikut bisa digunakan untuk mereset password yang terlupakan tersebut. langkah awal restart komputer Anda. Pada saat ditampilkan menu GRUB, pilih recovery mode.

Menu GRUB

Recovery mode akan menjalankan sistem Linux dengan user root.Lalu kita bisa mengetikkan perintah di terminal seperti di bawah ini:

root@becouz:~# passwd becouz
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully

Perintah di atas dipakai untuk mereset password dari user becouz (dapat di ubah sesuai dengan username Anda). Setelah itu sekarang saatnya untuk merestart komputer. Pada terminal ketikkan:
root@becouz:~# reboot
Nah, sekarang silahkan dijalankan Linux Ubuntu dalam mode normal (bukan recovery mode). Gunakan password yang diubah pada mode recovery tadi.
Tapi bagaimana bila yang lupa password root, maka mungkin cara berikut mungkin bisa. Yang mana caranya gak jauh beda dengan cara untuk reset password linux lainnya spt redhat dan keturunannya. sejauh yang pernah gw gunain ok, bisa dan gak masalah.

1. Sewaktu pc booting masuk ke menu GRUB dengan menggunakan tombol Esc.
2. Pada tampilan menu GRUB, edit bagian kernel dengan menambahkan init=/bin/sh
Untuk mengedit baris kernel ini, cukup tekan “e”. Setelah baris di atas disisipkan tekan “b” untuk memulai proses booting.
3. Dengan langkah di atas, Ubuntu akan masuk langsung ke terminal tanpa menampilkan jendela login. Kemudian saya menjalankan perintah :
# mount / -o remount,rw
Perintah ini melakukan mounting ulang pada partisi root.
4. Untuk mengganti password root (maupun password account “user”), saya menggunakan perintah passwd.
5. Saya jalankan lagi perintah sebelumnya yang no 3.
6. Berikutnya saya menjalankan perintah sync lalu merestart PC saya dengan perintah reboot.

0 komentar:

Post a Comment